Kamis, 19 Februari 2015

Cara Kerja mesin 4 Tak dan 2 Tak

Motor bensin 4 tak:
Disebut 4 tak karena untuk menghasilkan satu siklus pembakaran terdiri dari empat langkah torak




a) Langkah Hisap
(1) Piston bergerak dari TMA ke TMB
(2) Katup hisap terbuka dan katup buang tertutup
(3) Terjadi kevakuman dalam silinder, yang menyebabkan campuran udara dan bahan bakar masuk ke dalam silinder
b) Langkah Kompresi
(1) Piston bergerak dari TMB ke TMA
(2) Katup hisap tertutup dan katup buang tertutup
(3) Pada akhir langkah kompresi busi memercikkan bunga api
c) Langkah Usaha
(1) Piston bergerak dari TMA ke TMB
(2) Katup hisap tertutup dan katup buang tertutup
(3) Hasil pembakaran menekan piston
d) Langkah buang
(1) Piston bergerak dari TMB ke TMA
(2) Katup hisap tertutup
(3) Katup buang terbuka
(4) Piston mendorong gas sisa pembakaran keluar




Motor bensin 2 tak:
Disebut motor 2 tak karena dalam menghasilkan satu usaha motor membutuhkan dua langkah piston. Pada motor 2 tak bahan bakar yang tercampur dengan udara dari karburator dimasukkan
melalui katub pengatur (reed valve) menuju ruang poros engkol. Selain itu terdapat pula saluran yang mengalirkan bahan bakar dari ruang poros engkol menuju ruang bakar melalui saluran transfer yang terletak pada silinder blok.
Untuk lebih jelasnya dapat diuraikan seperti berikut :
1) Piston bergerak dari TMA ke TMB
a) Di atas piston
Terjadi langkah usaha, pembuangan dan awal pemasukan campuran bahan bakar ke dalam ruang bakar.
b) Di bawah piston
Terjadi langkah kompresi terhadap campuran bahan bakar yang berada di dalam ruang poros engkol untuk di suplai ke ruang pembilasan seperti ditunjukkan gambar 1 bawah ini:

 
2) Piston bergerak dari TMB ke TMA
a) Diatas piston
(1) Akhir pemasukan bahan bakar ke dalam ruang bakar.
(2) Terjadi proses langkah kompresi dan pembakaran bahan bakar oleh busi.
b) Di bawah piston
Terjadi langkah penghisapan campuran bahan bakar dari karburator ke dalam ruang poros engkol.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar