Kamis, 19 Februari 2015

Cara Periksa Kebocoran Gasket Cylinder Head Mesin


Otomotrip.com – Kebocoran yang terjadi pada packing silinder head sering menjadi penyebab overheating atau naik nya panas mesin berlebihan atau temperatur tinggi mesin dan sebaliknya juga seringnya terjadi overheating mempercepat kerusakan packing silinder Head. Packing silinder head atau gasket silinder head pada mesin merupakan pembatas antara blok mesin dengan silinder head.
Packing silinder head juga berfungsi sebagai seal yang membatasi ruang bakar mesin yang bertekanan dan bersuhu tinggi. Sedangkan pada sisi yang lain disamping dinding silinder terdapat water jaket yang dilewati oleh air untuk pendingin atau air radiator yang memiliki tekanan dan suhu lebih rendah, dengan tekanan kerja sekitar 108 kpa dan suhu sekitar 100 derajat celsius. Packing silinder head ini juga berfungsi sebagai seal untuk oli mesin yang bersirkulasi dengan tekanan dan bersuhu sekitar 80-85 derajat celsius.
Water jacket mesin packing silinder
Tanda atau ciri-ciri terjadi kebocoran pada packing silinder head ini bisa diperiksa dengan menggunakan beberapa cara diantaranya adalah:
1.Pemeriksaan secara Visual
Pertama, untuk pemeriksaan secara visual bisa dilakukan dengan cara menghidupkan mesin sampai temperatur kerja mesin atau sampai thermostat terbuka dengan posisi tutup radiator dalam keadaan terbuka, perhatikan pada air yang ada di radiator akan terlihat gelembung udara yang terus menerus. Ini terjadi karena terjadi bocor pada packing antara silinder dengan water jacket. Ketika dalam kondisi ini jika bocor terlalu besar saat di gas mesin akan menyembur air dari radiator ke atas.Gambar air dari radiator menyembur saat mesin di gas
Kedua dengan periksa air radiator jika terlihat ada oli pada air radiator artinya telah terjadi kebocoran antara  saluran oli dan air.
Ketiga adalah sebaliknya jika oli mesin saat diperiksa dengan stik oli warna oli berubah jadi coklat susu sama halnya telah terjadi kebocoran pada packing.
Keempat dengan melihat kondisi ruang bakar melalui warna busi yang terlihat basah oleh air.
2.Dengan Cara Menggunakan Alat atau Radiator Tester
Saat menggunakan radiator tester ketika terjadi kebocoran pada packing silinder head, jika radiator dipompa hingga tekanan pada skala radiator leak tester sampai 157 kpa atau 1.5 kg/cm2 atau 23 psi, maka tidak ada bocor yang terlihat secara visual berupa tetesan air. Tetapi pada angka atau skala yang terdapat pada radiator tester akan terlihat turun secara perlahan yang mengindikasikan terdapat kebocoran. Ini tergantung sampai seberapa tingkat kebocoran pada packing silinder head.
3.Dengan Cara Menggunakan Compression Tester
Saat dilakukan pemeriksaan tekanan kompresi mesin dengan compression Tester akan terlihat tekanan kompresi yang kurang pada silinder yang terdapat kebocoran pada packing silinder head di banding silinder yang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar