- Fully Electric, secara langsung gerakan kemudi dibantu oleh motor elektrik, yang letaknya tidak menempel pada mesin melainkan pada steering column.
- Semi Electric, motor elektrik sebagai pendorong sistem hidraulik dan masih memerlukan minyak agar gerakan kemudi menjadi ringan, letaknya juga telah tidak menempel di mesin.
Bagaimana Electric Power Steering (EPS) bekerja ?
- Pada saat pengemudi memutar roda kemudi, sebuah sensor torsi kemudi mendapat sinyal posisi dan kecepatan rotasi dari roda kemudi.
- Sinyal dari sensor torsi kemudi tersebut dikirimkan ke EPS ECU (Electronic Control Unit), bersamaan sinyal lainnya dari ECM (Electronic Control Module) seperti kecepatan kendaraan dan kecepatan mesin.
- EPS ECU memerintah motor listrik untuk memberikan kemampuan daya putar tambahan pada steering rack dalam jumlah tertentu yang diperlukan.
- Daya putar tambahan tersebut disalurkan ke roda-roda sehingga roda kemudi menjadi lebih responsif.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar