Kamis, 19 Februari 2015

Penyebab Pipa Ac Mobil Membeku Atau Evaporator Beku


Otomotrip.com – Artikel penyebab pipa ac dan evaporator pada ac mobil yang berubah menjadi gumpalan es pada dinding pipa atau pun evaporator dan bagaimana cara untuk mengatasi masalah pipa ac yang diselimuti es atau terlihat bersalju.
Evaporator yang kotor karena kotoran yang menempel terlalu tebal sehingga menjadi salah satu penyebab AC tidak dingin, selain hembusan angin kurang kencang karena terhalang oleh debu, juga menyebabkan bau tidak enak saat mengalir angin dari hembusan blower ac.
Kalau kita ingin mengetahui bahwa evaporator kotor, selain merasakan hembusan angin yang lemah atau angin ac keluar kecil dari grill ac bisa juga diperiksa dengan mudah. Cara periksa evorator kotor dengan menghidupkan blower angin AC pada kecepatan maksimal, maka akan terdengar suara angin yang tertahan dan menderu dari dalam dashboard.
Gambar evaporator ac mobil tersumbat kotoran
Debu dan kotoran akan menyebabkan evaporator beku dan angin ac mobil tidak keluar karena terhalang gumpalan es di evaporator, selain itu juga bisa terlihat pipa ac tekanan rendah yang di kamar atau ruang mesin akan di selimuti oleh es.
Kotoran seperti gambar di atas akan menghalangi sensor temperatur suhu atau thermistor cooler ac di evaporator dari hembusan angin dari blower,” hal ini adalah untuk thermistor cooler yang tidak tertanam di Evaporator.” Seperti Contoh Nissan Sunny, Toyota Limo dan Avanza yang thermistornya berada di samping evaporator.
Terhalangnya thermistor cooler ac mobil dari hembusan blower membuat temperatur kerja dari sensor suhu atau thermistor cooler untuk memberikan signal cut off ke kompressor ac tidak tercapai.
Kalau temperatur kerja tidak tercapai, maka kompressor AC tidak bisa on/off dan akan kerja terus menerus.
Dengan bekerja terus menerus tanpa on/off dari kompressor mulai  terbentuk gumpalan es di evaporator dan menghalangi aliran udara dari blower.
Kompressor AC yang bekerja terus menerus akan menyebabkan panas berlebihan pada system ac dan bisa mengakibatkan rusak komponen AC salah satunya yang akan rusak adalah spull magnetic clutch.
Sedangkan untuk thermistor cooler ac mobil atau thermostat yang tertanam pada evaporator jika evaporator kotor akan membuat cut off kompresor ac lebih cepat, Cut off kompresor ac lebih cepat disebabkan karena evaporator lebih cepat dingin. Contoh Toyota Innova atau ac mobil yang menggunakan thermostat ac manual atau yang bertipe gas,karena thermostat tipe gas ini selalu terbenam di evaporator sehingga tidak akan menemukan pipa ac yang beku.
Evaporator ac mobil membeku
Gambar Evaporator AC Mobil Membeku Dan Terdapat Gumpalan Es
Perlu dilakukan pembersihan evaporator secara berkala untuk mencegah hal tersebut diatas terjadi dan memasang filter kabin atau filter evap, karena kotoran atau debu dari kabin yang dihisap blower akan tertahan di filter tersebut, ini untuk kendaraan yang belum di lengkapi filter kabin. Pengaruh dari Penempatan Thermostat atau Thermistor pada ac mobil
Dari uraian diatas bisa di ambil kesimpulan penempatan thermistor cooler atau thermostat di evaporator membawa gejala atau pengaruh berbeda pada kerusakan ac mobil, ketika evaporator kotor.
  • Thermistor tertanam pada evaporator ketika evaporator kotor akan menyebabkan cut off kompressor ac lebih cepat. Contoh Kijang innova.
  • Thermistor tidak tertanam pada evaporator ketika evaporator kotor berakibat pada cut off kompressor lama atau membuat evaporator beku atau bisa ditemui pipa ac di selimuti es. Contoh Toyota Limo, Untuk Avanza thermistor cooler ada yang tertanam ada yang tidak tertanam.
Jadi tidak semua ac mobil yang akan ditemui evaporator beku atau pipa ac diselimuti es, evaporator beku atau pipa ac di selimuti es, pipa ac bersalju atau membeku hanya akan ditemui pada ac mobil yang penempatan peraba suhu evap tidak tertanam pada evaporator.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar